Betulkah Singapura Dulu Dikuasai Bangsa Melayu Dan Kini Dikuasai Bangsa Cina

Antara abad ke-16 dan awal abad ke-19, Singapura menjadi bagian dari Kesultanan Johor. Lalu masuklah Inggris.


(Foto: Lee Kuan Yew sanggup melakukan apa saja demi menarik sokongan orang Melayu termasuk memakai songkok pada awal karirnya ketika bertemu penduduk Melayu di Kampung Tani, Singapura pada 1965)
SEBARCOPAS.COM -- Catatan pertama permukiman di Singapura berasal dari abad ke-2 Masehi. Pulau ini termasuk wilayah terdepan Kerajaan Sriwijaya di Sumatera.

Antara 16 dan 19 awal, Singapura menjadi bagian dari Kesultanan Johor. Lalu pergi ke Inggris.

Sejarah Singapura sangat dekat dengan Inggris. Tokoh Inggris yang disebut-sebut sebagai penggagas pendirian kota pelabuhan Singapura adalah Thomas Stamford Raffles . Ia mengunjungi Singapura pada tahun 1819, lalu menjadikan kota ini sebagai wilayah koloni kerajaan Inggris di Asia.

Sebelum dikuasai oleh Inggris, Singapura dihuni oleh nelayan setempat, bajak laut, dan kemudian menjadi bagian kerajaan kerajaan Sriwijaya, Sumatra. Singapura adalah kota perdagangan tersibuk saat itu.

Tan Malaka dalam bukunya " From Prison to Prison ", mengatakan bahwa selama periode Rafles bahkan orang Singapura kemudian 6.000 orang, dan diperintah oleh orang Indonesia.

"Menurut satu statistik yang saya baca di 'Straits Times' populasi Singapura yang hanya 6 ribu orang, sudah ada orang Tionghoa saat itu, namun bangsa Indonesia jauh lebih banyak. Jika masih ingat itu sekitar 90 persen dari seluruh penghuni. , "Kata Tan dalam buku itu.

Bukan hanya tentang populasi, tapi hampir semua mata pencaharian masyarakat masih ada di tangan orang Indonesia (Melayu, Minangkabau, Jawa, Bugis, Palembang, dan lainnya). Perusahaan, perkapalan, perikanan, perdagangan, dan lain-lain, kebanyakan masih berada di tangan bangsa Indonesia.

Baca Juga :

Presiden Singapura Halimah Yacob, BetulKah Dia "Anak Buah" Lee Kuan Yew


Apalagi di pedalaman, kata Tan. Semua mata pekerjaan masih di tangan penduduk asli (Indonesia). Misalnya pertambangan timah yang terkenal saat itu, semuanya dikuasai oleh rakyat Indonesia.

"Disebutkan dalam satu makalah bahwa sebelum akhir abad yang lalu, perusahaan timah terbesar dimiliki dan dibudidayakan oleh majikan bernama Raja Mandailing," kata Tan.

Tapi ketika Singapura didominasi oleh Inggris, banyak imigran asing datang ke sana, di antaranya orang Cina dan Hindustan (India). Awalnya mereka juga bekerja sebagai kuli dengan penduduk asli. Tapi perlahan, para imigran menetap dan jumlahnya semakin banyak.

Kondisi ekonomi mereka juga terangkat, sampai akhirnya banyak orang Tionghoa dan Inggris bahkan menguasai perkebunan. Ini hanya lapangan 'hands-on' yang luas yang dimiliki oleh masyarakat adat. Ironisnya, hasil getah tangan tangan itu jatuh di bawah aturan "pembatasan" (restriksi).

Pada tahun 1937, kata Tan Malaka, populasi Singapura diperkirakan mencapai 700 ribu orang. Diantara sekitar 600 ribu orang Tionghoa atau sekitar 85 persen, Hindu-Keling sebanyak 70 ribu orang atau 10 persen, sedangkan Melayu sebanyak 30 ribu orang atau hanya sekitar 5 persen.

"Jadi, rasio banyak negara Melayu pada awalnya 90 persen, tapi ketika Inggris masuk, ia menyusut 5 persen, atau 1 persen, dari populasi dalam satu abad kemudian."

Komposisi demografis penduduk Singapura pada tahun 2015: Cina terdiri dari 74,3%, Melayu 13,3% dan India membentuk 9,1%, sisanya lainnya.

Negara mini ini bisa disebut negara yang tergolong etnis Tionghoa dan khusus milik keluarga, dinasti Lee Kuan Yew yang memerintah Singapura sejak 1959.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat ini, yang telah berkuasa sejak 2004, adalah putra Lee Kuan Yew.

Pesta yang didirikan oleh Lee Kuan Yew juga merupakan partai yang berkuasa sejak kemerdekaan Singapura sampai sekarang. Termasuk upacara Singapura yang baru diresmikan Halimah Yacob Singapura juga berasal dari PAP

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Blog,1,FOTO,1,KHAZANAH,13,KONSPIRASI,7,NASIONAL,4,NEWS,4,OPINI,6,VIDEO,2,
ltr
item
SebarCopas: Betulkah Singapura Dulu Dikuasai Bangsa Melayu Dan Kini Dikuasai Bangsa Cina
Betulkah Singapura Dulu Dikuasai Bangsa Melayu Dan Kini Dikuasai Bangsa Cina
Antara abad ke-16 dan awal abad ke-19, Singapura menjadi bagian dari Kesultanan Johor. Lalu masuklah Inggris.
https://1.bp.blogspot.com/-0w18dLfN5tQ/WbnzmXDbFGI/AAAAAAAB5gU/sn_nSkvKKSQ_Xgp1uvVotDc49i4HCWGUgCLcBGAs/s640/lee%2Bkuan%2Byew.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0w18dLfN5tQ/WbnzmXDbFGI/AAAAAAAB5gU/sn_nSkvKKSQ_Xgp1uvVotDc49i4HCWGUgCLcBGAs/s72-c/lee%2Bkuan%2Byew.jpg
SebarCopas
http://www.sebarcopas.com/2017/09/betulkah-singapura-dulu-dikuasai-bangsa.html
http://www.sebarcopas.com/
http://www.sebarcopas.com/
http://www.sebarcopas.com/2017/09/betulkah-singapura-dulu-dikuasai-bangsa.html
true
6127867169675810666
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy